Pengertian Bahasa pemrograman (Jenis, fungsi, dan contohnya)

Apa itu bahasa pemrograman, seperti yang telah kalian ketahui bahasa pemrograman digunakan untuk membuat sebuah program. Bahasa pemrograman sendiri dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis dan level.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca sampai selesai.

pengertian bahasa pemrograman

Pengertian bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman adalah suatu kumpulan yang berisi aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk menerjemahkan perintah yang diberikan oleh pengguna atau user untuk mengerjakan proses tertentu pada komputer.

Fungsi bahasa pemrograman

Fungsi dari bahasa pemrograman adalah menghubungkan antara pengguna dan mesin komputer, karena bahasa pemrograman dapat menerjemahkan perintah yang diberikan menjadi kode-kode yang dimengerti oleh komputer.

Sedang program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu.

Pengelompokan bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman dikelompokan menjadi 4 kelompok diantaranya :

  1. Object Oriented Language : contohnya Delphi, Visual C, Visual Foxfro dan Visual dBase.
  2. High Level Language : contohnya pascal dan basic.
  3. Middle Level Language : contohnya bahasa C. Dan
  4. Low Level Language : contohnya bahasa Assembly.

Tingkatan bahasa pemrograman

Kategori bahasa pemrograman menurut tingkatannya dibedakan sebagai berikut :

Bahasa tingkat rendah 

merupakan bahasa pemrograman yang hanya dimengerti oleh mesin. Jenis bahasa ini akan langsung dikerjakan oleh mesin. Contoh untuk jenis bahasa ini adalah bahasa rakitan atau assembler.

Bahasa tingkat menengah 

merupakan perpaduan antara bahasa tingkat tinggi dan rendah.
Contohnya adalah bahasa C.

Bahasa tingkat tinggi 

merupakan bahasa yang sudah mendekati bahasa manusia. Artinya pengguna pun dapat memahami jenis bahasa ini. mesin membutuhkan compiler untuk mengerjakan perintah pada jenis bahasa ini.

Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Java, php, C++, Visual Basic, pascal.

Untuk menerjemahkan sintaks pemrograman ke dalam bahasa mesin digunakan teknik interpretation dan compilation.

Tetapi apakah yang dimaksud dengan interpretation dan compilation? Kedua hal tersebut merupakan cara membaca kode program atau sering disebut dengan language translator.

Apa itu interpretation 

Interpretation merupakan cara membaca program dengan cara membaca kode program satu demi satu. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan kode program maka di baris kesalahan itulah program di hentikan.

Program yang melakukan tugas ini disebut interpreter. Bahasa yang menggunakan teknik interpretasi misalnya bahasa perl, python, ruby dan masih banyak lagi.

Apa itu compilation

Compilation merupakan teknik membaca dengan membaca terlebih dahulu semua kode sumber jika tidak ada kesalahan dalam menulis program bisa dijalankan.

Program yang melakukan tugas ini disebut compiler. Programan hasil kompilasi akan memiliki bentuk executable (Exe).

program bisa langsung dijalankan tanpa harus memliki compiler dikomputer yang menjalankan program tersebut. Bahasa yang menggunakan teknik kompilasi misalnya bahasa C, C++, Pascal, Assembly dan masih banyak lagi.

Jenis bahasa pemrograman

Java

Java adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang cukup banyak digunakan hal ini dikarenakan java dapat dijalankan di berbagai platform.

jenis bahasa pemrogrman java


Selain itu, java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler karena bahasa pemrograman ini memiliki beberapa kelebihan seperti misalnya bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda, kemudian bahasa ini termasuk kedalam pemrograman OOP (Object Oriented Programaming).

Bahasa ini juga memliki library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programmer.

Pascal

Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang umumnya digunakan sebagai pengantar untuk mulai belajar algoritma dan pemrograman.

Pascal memiliki beberapa  kelebihan diantaranya tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman.

Pascal memiliki struktur sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia sehingga mudah dipelajari dan dipahami.

C++

bahasa pemrograman C++


C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat pemrograman berorientasi objek untuk menyelesaikan masalah.

C++ adalah pengembangan dari bahasa pemrograman C. C++ dan C memiliki sintaks penulisan yang hampir sama, meski begitu kedua bahasa pemrograman ini memiliki perbedaan pada penyelesaian masalahnya.

PHP

bahasa pemrograman php


PHP atau Personal Home Page merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web. Php merupakan jenis bahasa pemrograman yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.

Visual Basic

Visual basic merupakan jenis bahasa pemrograman keturunan dari bahasa pemrograman BASIC.

Visual basic merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft.

Visual basic dikenalkan pada tahun 1991 bahasa pemrograman ini menawarkan IDE visual dalam pembuatan software, dan bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk membuat software-software yang berbasis sistem operasi windows.


0 komentar